Kenapa Laptop Cepat Panas? Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Bicara mengenai laptop, pasti anda sudah memiliki barang yang satu ini, khususnya bagi para Mahasiswa, Pelajar, Pekerja kantoran, ataupun pengangguran, pasti sudah memiliki benda yang sangat berguna ini, entah untuk sekedar browsing, untuk menunjang kerja, main game ataupun untuk pajangan alias jarang digunakan, hehehe.

Anda pasti sering mengeluh, kenapa kok laptop saya panas ya? apa penyebab laptop saya kok bisa panas begini? seketika anda langsung panik dan browsing di google mengenai cara mengatasi laptop cepat panas, dan sampailah anda di blog sederhana ini. hehehe. Usaha yang bagus gan :v

Kenapa Laptop Cepat Panas? Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Penyebab Laptop Cepat Panas

  1. Pemakaian laptop yang tidak pandang waktu atau terlalu lama menggunakannya. Pada hal ini biasanya dilakukan oleh pekerja IM dan para Gamers. Karena penggunaan secara terus-menerus akan membuat laptop cepat panas.
  2. Sirkulasi udara yang terdapat pada dalam laptop yang tidak bagus biasanya menjadi penyebab utama. Hal ini seringkali terjadi karena biasanya digunakan di tempat empuk sehingga dapat menghambat sirkulasi udara di bawah laptop. Seperti menggunakan laptop di atas kasur, sofa dan benda yang dapat menghambat sirkulasi udara laptop anda.
  3. Memaksakan Overclock yang dimiliki oleh Prosesor pada laptop. Yakni memaksakan laptop menjalankan software yang diluar kemampuan Processor pada laptop. Sehingga dapat dengan mudah panas pada bagian komponen laptop. Jangan melakukan hal ini, kecuali laptop anda memiliki spesifikasi tinggat dewa 19, hehe.

Mengatasi laptop cepat panas 

Cara mengatasi laptop cepat panas sebenarnya anda hanya perlu menghindari penyebabnya, seperti yang tertulis di atas, ada juga tips tambahan agar laptop tidak cepat panas. Simak saja dibawah ini.

  1. Atur cahaya pada laptop se-minimal mungkin, selain itu dapat menjaga mata kamu dari gangguan mata jika memandangi layar LCD pada laptop kamu.
  2. Usahakan menggunakan laptop pada ruangan yang dingin atau ber-AC. Sehingga laptop kamu tidak akan mudah panas dan suhu laptop akan tetap stabil.
  3. Cooling pad, walaupun bentuk nya yang kecil, tapi kipas kecil ini dapat membantu sirkulasi udara pada laptop agar tetap dingin dan stabil, kalau masih kurang sejuk, anda bisa menambahkan kipas angin yang diarahkan ke laptop anda.
  4. Jangan menggunakan laptop secara terus menerus, anda bisa menggunakan laptop dalam waktu 2 jam saja, lalu sleep laptop sekitar 15 menit, agar laptop istirahat sejenak dan menjaga agar laptop anda awet dan tahan lama. Hehehe.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah membaca artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas.


close
loading...