Cara MUDAH Membuat Relasi Antar Tabel Database

Database adalah kumpulan dari tabel-tabel yg akan menyimpan data mentah. Umumnya sudah pada tahu mengenai tabel, tabel ialah komponen utama dari sebuah database. Karena itu, setiap tabel harus saling berhubungan agar akses data untuk mendapatkan informasi yg tepat & cepat dapat dilakukan dengan baik. Misalnya Tabel Dokter & Tabel Pasien harus mempunyai relasi lantaran dokter bekerja untuk melayani setiap pasien yg datang ke Puskesmas.

CaraMembuat Relasi Antar Tabel Database

Contoh Tabel Dokter dan Tabel Pasien

Cara Membuat Relasi Antar Tabel Database
Dari kedua tabel seperti pada gambar diatas, nampak bahwa tak mempunyai relasi / hubungan. Masing-masing berdiri sendiri lantaran Tabel Dokter hanya mempunyai fungsi menyimpan data Dokter & Tabel Pasien hanya mempunyai fungsi menyimpan data Pasien. Relasi diantara dokter & Pasien bakal terjadi ketika Pasien datang berobat ke Puskesmas. Karena itu, kita bakal membuat sebuah tabel baru dengan nama Tabel RAWAT dinama atribut dari tabel Rawat ialah ID_Dokter, ID_Pasien, Tgl_Rawat, Kode_Penyakit, Kode_Obat. Bentuk tabel Rawat ialah untuk berikut :

Tabel Rawat
Relasi tabel database
Tabel Rawat befungsi untuk menyimpan Data Perawatan setiap pasien. Dari Tabel Rawat, juga dapat diperoleh informasi mengenai sejarah / riwayat perawatan setiap pasien.

Dalam membangun relasi antar tabel database, perlu diketahui mengenai istilah-istilah dalam relasi database untuk berikut :

1. Primary Key. Sebuah Field/atribut yg ditandai untuk kunci utama dari sebuah tabel dengan tujuan untuk membuat nilai dari Field Primary Key untuk nilai yg unik. Sebagai nilai yg unik, maka setiap data yg disimpan dalam Field Primary Key tak bakal mempunyai nilai yg sama. Dengan demikian, maka tak bakal terjadi penyimpanan data yg mempunyai data yg sama. Misalnya dalam Tabel Dokter, field yg dapat dipilih untuk Primary Key ialah ID_Dokter lantaran setiap dokter mempunyai ID yg berbeda. Dengan memilih ID_Dokter untuk  Primary Key, maka tabel Dokter tak bakal dapat menyimpan ID_Dokter yg sama lebih dari satu kali. Demikian dan juga pada Tabel Pasien, Primary Key-nya ialah ID_Pasien.

2. Foreign Key. Sebuah Field dalam sebuah Tabel dimana Field itu berasal dari Field Primary Key dari sebuah Tabel Lain dengan tujuan untuk membuat relasi dengan tabel tersebut. Misalnya pada tabel Rawat terdapat Field ID_Dokter, ID_Pasien,Kode_Penyakit, & Kode_Obat. Ke-4 Field itu disebut Foreign Key lantaran berasal dari Tabel lain.

Beberapa/Kumpulan Jenis Relasi antar tabel :
  • One To One
  • One To Many
  • Many To Many

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara MUDAH Membuat Relasi Antar Tabel Database , semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara MUDAH Membuat Relasi Antar Tabel Database "

Post a Comment

close
loading...