Cara Mengatasi Virus Shortcut Sampai Bersih

Virus memang sangat mengganggu dan menghambat kinerja perangkat komputer, virus mampu memanipulasi file, menghidden atau menyembunyikan file dan bahkan bisa merusak system dengan menyerang file system32 pada local disk C. Ada banyak sekali virus yang tersebar di dunia internet, setiap hari semakin bertambah, maka dari itu banyak software antivirus yang selalu melakukan update database virusnya setiap hari, puluhan ribu bahkan ratusan ribu virus yang mungkin tersebar di dunia internet/ dunia maya.

Cara Mengatasi Virus Shortcut Sampai Bersih

Virus dapat menyerang perangkat kita melalui file yang kita download atau mealui website yang mengandung malware, dan apabila perangkat kita tidak dilindungi dengan antivirus, sudah pasti virus itu akan menyebar dengan sangat cepat ke seluruh perangkat dan dapat merusak sistem dan kinerja perangkat anda. Virus yang cukup berbahaya dan seringkali menyerang perangkat kita adalah malware, jenis virus sality, win32 gen, trojan, new heur, virus shortcut dan masih banyak lagi.

Untuk pembahasan kali ini www.prijaya.com akan membahas mengenai Cara Mengatasi Virus Shortcut Sampai Bersih Virus Shortcut atau Ramnit merupakan virus yg paling sukses menyebar pada tahun 2011, dengan kemampuan update layaknya program antivirus virus shortcut/ramnit berhasil mengecoh system scanner program antivirus pada tahun 2011. Virus shortcut ini bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer maupun flashdisk anda yang dilakukan dengan cara mengubah file attribut jadi supper hidden alias tersembunyi. Selanjutnya virus shortcut akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut.

Berbeda dengan proses/cara kerja virus lain, virus ini sebenarnya tdk merusak file kita. Namun hanya disembunyikan dalam bentuk supper hidden. Jadi apabila settingan komputer kita tdk di setting untuk menampilkan file dengan attribut supper hidden, maka file asli kita akan tersembunyi atau hidden.

Namun jangan panik apabila perangkat anda terkena virus shortcut, cara menghilangkan atau membersihkan virus shortcut ini cukup mudah kok, yuk langsung saja simak langkah-langkah cara mengatasi virus shortcut berikut ini.

Cara Mengatasi Virus Shortcut / Rammit Sampai Ke Akar

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memunculkan file yang di setting dengan attribut supper hidden atau sangat tersembunyi. File jenis seperti ini biasanya digunakan untuk file system. Caranya --> Buka Explore --> Organize --> Folder and search option --> View --> kemudian hilangkan centang pada pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files, kemudian klik apply /  OK.

cara mengatasi dan membershikan virus shortcut

2. Lakukan scanning dengan antivirus yang powerfull, jangan pakai antivirus abal abal, saya sarankan menggunakan Avast, Avira atau Kaspersky, antivirus yang saya sebutkan tadi sangat powerfull dan mempunyai database virus yang sangat banyak. File anda tidak akan hilang. Karena virus shortcut ini tidak menginfeksi file namun hanya menyembunyikan filenya saja.

cara mengatasi dan menghapus virus shortcut

3. Menghapus bekas file virus shortcut didalam flashdisk. Setelah virus selesai dihapus biasanya masih ada file shortcut yang msih ada di flashdisk kita, oke langsung saja --> RUN ( windows+R) --> ketik CMD lalu enter.
cara memersihkan virus shortcut

4. Setelah CMD terbuka, masuk ke drive Flashdisknya misalnya flashdisk ada di drive E, maka lakukan dengan cara ketik E:  lalu enter.

cara mengatasi virus shortcut dengan mudah

5. Kemudian ketik "attrib -s  -r  -h  /s  /d" tanpa tanda petik lalu enter, itu adalah perintah untuk mengembalikan folder yang terkena virus shortcut.

cara mengatasi virus shortcut sampai ke akar

6. Tunggu proses sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yg disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil normal kembali. Kemudian lihat folder asli anda sudah kembali lagi tinggal hapus saja folder shortcut anda.

cara mengatasi virus shortcut sampai bersih total

7. Kemudian kembalikan settingan file system anda ke mode hidden. Kembali ke langkah 1, silahkan scrool ke atas, supper hidden ini digunakan untk menyimpan file system agar tidak terlihat pada mode normal. Caranya --> Buka Explore --> Organize --> Folder and search option --> View --> KEMUDIAN CENTANG pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files dan dont show hidden folder --> kemudian klik apply /  OK.


Untuk saat ini komputer dan flashdisk anda sudah aman dari virus shortcut, agar lebih pasti, silahkan scan ulang seluruh sistem dan disk pada komputer anda. Saran saya, selalu update antivirus pada perangkat anda karena setiap hari pasti ada virus baru yang muncul atau dibuat. Oke sekian pembahasan kali ini, terima kasih telah berkunjung.

2 Responses to "Cara Mengatasi Virus Shortcut Sampai Bersih"

  1. cara ini cuma bisa menghilangkan virus shortcut sementara, bagaimana solusinya gan biar virusnya ga balik lagi?? thanks be4

    ReplyDelete
  2. While at first introduce it would do a careful PC infection output to guarantee that there is no infection stowing away anyplace in your pc. After that it would do incidental PC infection sweeps to keep up the cleanliness of your PC.
    https://www.buzzfeed.com/m23bvgfre/how-to-remove-zepto-ransomware-and-decrypt-zepto-2mgm9?utm_term=.wsqePxv5a#.uiEwZz6yq

    ReplyDelete

close
loading...